PIDATO BUNG KARNO TENTANG PANCASILA

Published 11 November 2011 by Guru IPS SMPN 1 Gempol-Cirebon

Setiap manusia, disamping mempunyai kelemahan-kelemahan, dibekali dengan kelebihan-kelebihan. Potensi kelebihan setiap orang berbeda satu dengan lainnya.

Salah satu tokoh dalam sejarah Indonesia yang banyak diberikan kelebihan oleh Allah SWT adalah Bung Karno. Di samping jiwa kepemimpinan yang beliau miliki, salah satu kelebihan Bung Karno adalah ketajaman lidahnya saat berpidato. Presiden Pertama RI ini memang seorang orator ulung. Gaya bicaranya lugas dan tegas  dengan intonasi yang sesuai,  membuat yang mendengarkan hening dan hanyut dalam kata-katanya.

Tapi banyak di antara kita, terutama generasi muda yang jauh dengan masa hidupnya  tidak dapat mendengarkan beliau berpidato secara langsung. Kalaupun pernah mendengar pidato Bung Karno boleh jadi hanya rekaman saat Bung Karno  membacakan Teks Proklamasi, yang biasanya diputar di media elektronik (TV/Radio) di sekitar peringatan hari proklamasi.

Tak banyak basa-basi lagi, saya akan memperdengarkan rekaman pidato Bung Karno, tentunya bukan pidato proklamasi. Semoga dapat menambah wawasan kita tetang sosok proklamator tersebut. Untuk mendengarkannya, anda harus unduh dulu filenya di SINI.

Iklan

One comment on “PIDATO BUNG KARNO TENTANG PANCASILA

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: